Iwak Ingkung Mbah Demang Bantul

Kalian bosen ama menu yang itu-itu ajah. Ayam goreeeng lagi, pasti mblenger dan ga bernafsu makan, kecuali kalian sebangsa Upin Ipin yang tergila-gila ama fried chicken. Etapi, gue demen banget ama ayam kampus ups ayam kampung. Apalagi diolah dengan racikan bumbu spesial tempo dulu. Enak, vintage#kayakmebelajah, menggiurkan ahhh bikin ngeces.


Lha mana ayamnya Miss kog kagak keliatan gitu?
Emang sengaja biar kalian penasaran liat pantat si ayam kampung favorit gue. Namanya Iwak Ingkung Mbah Demang, dalam bahasa Jawa daging ayam disebut dengan Iwak dan Ingkung itu masakan Jawa dengan aneka rempah dan ayamnya di tali-tali gitu biar tetep utuh, istilahnya dikungkung biar ga berubah posisi saat direbus.


Tuh kan posisi bottomnya sexi abis

Dusun Santan, Guwosari, Pajangan Bantul merupakan daerah sentra Iwak Ingkung. Ada banyak warung makan yang menyediakan menu iwak ingkung sebagai menu andalan. Kalau dulu bisa merasakan iwak ingkung ples nasi gurihnya hanya saat dapet kondangan (kenduren), itupun ayamnya secuil, secara satu ayam jago dibagi se RT, bayangin dapet apa coba. Sekarang bisa menikmati nasi gurih dan iwak ingkung kapanpun gue pingin, asal punya duit. Lebih bisa menikmati lagi kalo makannya gratisan kayak sekarang, hahaha... gausah pengen yak!

Papan nama di depan warung makan Mbah Demang
Bingung milih menu

Tempatnya sih sederhana, tapi rasanya..maknyuss
Warung Mbah Demang berada di Wijirejo Pandak, dusunnya bersebelahan dengan desa Santan Guwosari Pajangan, untuk sampai ke sana tidak terlalu sulit. Dari arah Jogja menuju Bantul , sampai perempatan Klodran ke kanan mengikuti arah ke Pajangan, setelah LP Pajangan belok kiri ada banner besar bertuliskan Mbah Demang cuss ajah masuk ke gang, ketemu deh ama si ayam kampus kampung.

Silakan mau pilih yang mana, harganya murah banget.

Ikan wader dan sayur mbang gedhang

Selain ayam ingkung, ada beberapa jenis sayur yang bisa nemenin siayam, dan favorit gue sayur mbang gedhang atau oseng bunga pisang, jarang kan nemuin sayur macam beginian. Tak lupa nasi gurih atau kalo orang Betawi nyebutnya nasi uduk. Nah, kalo yang uyel-uyelan dipiring itu ikan wader yang gurih, bisa dicemil atau buat lauk.

ikan wader yang chrispy

Maree makan temans!
Setiap warung makan di sentra Iwak Ingkung punya ciri khas yang berbeda-beda, kalau di Warung Ndeso, ayamnya cenderung agak nyemek atau basah sedang di Mbah Demang ayamnya kering tapi tetap empuk. Di warung Ndeso ada sambel kelapa yang dicampur kacang panjang, di Mbah Demang ada sayur mbang gedhang.
Ohya, jangan  berebut ya maemnya, karena ayam utuh ngambilnya memang agak repot, tapi sebelum dihidangkan kita bisa pesan kepada pelayannya agar ayam Ingkung dipotong-potong terlebih dahulu.
Salah satu yang membuat gue memilih warung Iwak Ingkung Mbah Demang karena si empunya warung sangat ramah dan tidak segan memberi potongan harga. Si pemilik warung tak segan menyapa dan bahkan melayani pembeli, senengkan kalo kita "dilayani" dan dihargai.
Temans Miss, kalau ke Jogja jangan hanya makan gudeg, tapi rasakan juga lezatnya ayam kampung yang diolah spesial menjadi Iwak Ingkung. Yaa...yaaa..
***********************
Alamat :
Dusun Bergan  RT 1 Wijirejo Pandak Bantul
Point plus :
Daging empuk
Teh manisnya enak, aroma melati terasa
Tempat nyaman dan adem karena dipinggir sawah
Point minus :
Jika warung terlalu ramai pelayanan agak lama
Tempat kurang luas
Di hari tertentu ada hiburan orgen tunggal, yang menurut gue bukannya menghibur tapi malah mbrebegi karena suara sound terlalu keras.
Next time kesini lagi?
Pasti

Komentar

  1. makasih banget sis masukannya nanti tak sampaikan mbah demang, kebetulan ini saya pas baca postingnya, malah dipromoasikan sekalian...thank..banget

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)