Skip to main content

Embung Nglanggeran Gunung Kidul



Embung Nglanggeran Gunung Kidul
Pagi itu saya dan beberapa rekan berkesempatan mengunjungi kabupaten Gunung Kidul untuk menyelesaikan beberapa kegiatan. Jarak tempuh ke Gunung Kidul  tidak terlalu jauh, mungkin sekitar satu hingga satu setengah jam.
Setelah beberapa tugas terselesaikan sehabis makan siang kami balik ke Bantul. Tapi, rasanya sayang banget kalo ga mampir ke suatu tempat yang belum pernah kami kunjungi. Beberapa ide muncul dan Embung Nglanggeran menjadi tujuan ampiran kami.
Rute menuju Embung Nglanggeran dari arah Jogja – Jalan Wonosari – Bukit Hargodumilah atau Bukit Bintang – Perempatan Timur Radio GCD FM Patuk ke kiri – Desa Ngoro-oro – Pertigaan setelah UPT Puskesmas Patuk II ke kanan – Pendopo Kalisong  lurus saja ikuti jalan aspal – Pertigaan setelah SDN Nglanggeran ke kiri – ikuti papan petunjuk menuju Kebun Buah Nglanggeran di tikungan dan pertigaan – Kebun Buah Nglanggeran.
Jalan menuju Embung Nglanggeran terbilang sempit dan agak menanjak. Yaiyalah, Embung Nglanggeran berada diatas bukit, yang dipotong dan dijadikan telaga buatan untuk mengairi Kebun Buah di sekitar Gunung Api Purba Nglanggeran. Kiri kanan jalan banyak batu-batu besar , dan tampak dari kejauhan jajaran Gunung Api Purba.

Kami sampai sana  selepas tengah hari dan panasnya ampuun dah. Jika kamu berencana kesini, mending datang agak pagian atau sore sekalian menikmati senja dan sunset yang indah. Obyek wisata Embung Nglanggeran sepertinya masih dikelola warga lokal. Jangan kawatir tiket masuknya hanya beberapa ribu dan ditambah bea parkir kendaraan kalian.


Tempat parkir di Embung Nglanggeran cukup luas, ada beberapa gazebo dan warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman bagi pengunjung.



Ada beberapa anak tangga yang harus kita lewati, naiknya nggak begitu jauh koq, kamu pasti kuat nyampe atas. Embung Nglanggeran berada di area Kebun Buah Nglanggeran, banyak pohon durian yang ditanam disini, sayang saat saya kesana belum ada yang panen. Air Embung Nglanggeran berasal dari tadah hujan dan dari Sumber Sumurup yang berada di Gunung Purba Nglanggeran.





Ohya, biarpun ada telaga cantik tapi disini dilarang memancing, mandi-mandi atau naik perahu yaa. Dari atas bukit kita bisa melihat indahnya gunung kidul bagian utara dan gugusan gunung purba. Saya jadi penasaran pengen naik ke gunung purba yang cuma berjarak beberapa kilometer dari Embung Nglanggeran.

Nah, pengen tahu ada apa aja di Gunung Api Purba, tunggu post selanjutnya yaa..

Comments

  1. Wah bagus juga ya ternyata Embung Nglanggeran. Coba ah besok Minggu kesana. Semoga cuaca cerah. Thanks min informasinya. :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)

Popular posts from this blog

11 Lagu Sedih Tentang Cinta Beda Agama

Hayoo, siapa yang belum pernah ngerasain patah hati. Sepertinya nggak ada yaaa, kecuali kamu belum pernah punya kekasih hati. Hahaha.  Saat lagi patah hati, paling enak 'tuh ya dengerin lagu sedih yang sesuai banget ama suasana hati yang mendayu-dayu. Puasin 'dah menangis berdarah-darah, apalagi terprovokasi lagu sedih yang membuat air mata tak henti mengalir. Karena, kalau lagi patah hati tapi berniat menghibur diri dengan mendengarkan lagu heppi tuh tetep kagak mempan. 
Mewek? Nggak papa koq. Asal kagak ada orang lain lihat atau orang yang kamu tangisi tahu. Bisa GeeR dia nanti. 
Ngomong-ngomong tentang patah hati atau putus cinta, banyak penyebabnya. Sebut saja, doi selingkuh, doi udah nggak cinta, doi dah bosen, doi dijodohin ortunya. Tapi, kalau menurut saya nih, putus cinta karena "perbedaan" itu yang bikin nyesek. Padahal keduanya saling mencintai. Tapi, tetep harus pisah. Nah lo!
Menjalani sebuah hubungan dengan perbedaan agama/keyakinan memang sangat berat …

Villa Budi Luhur II , Villa Pilihan Keluarga di Sekipan Tawangmangu

Dah hari Jumat aja nih, weeked brooo, mari piknik biar awet muda ya. Kali ini saya mau membagi cerita piknik keluarga saya beberapa waktu yang lalu. Bukit Sekipan Tawangmangu bisa jadi pilihan kamu untuk berlibur bareng keluarga. Ada villa dengan view cantik, hutan pinus dibelakang rumah dan kebun strawberry di depannya. Nikmat apa yang saya dustakan coba.
Sedianya saya ingin berkeliling Semarang, bersama orangtua, keluarga saya dan adik-adik saya. Tapi hunting hotel koq harganya ga turun-turun dan Bapak saya enggan untuk berjalan jauh, akhirnya saya pengen ngadem aja di Tawangmangu.
Dah pada tahu kan, di Tawangmangu banyak villa cantik dan dekat obyek wisata Grojogan Sewu. Pasti sangat ramai, padahal saya pengen tempat yang sepi, tenang dan dingin. Ratusan hotel, villa dan penginapan berjajar di sekitar Tawangmangu, satu persatu villa saya hubungi dan Villa Budiluhur jadi pilihan saya. Pemilik menawarkan villanya yang baru, karena villa lama sudah dipesan orang lain. Jadilah saya be…

Ekowisata Taman Air : Obyek Wisata Keluarga di Tlatar Boyolali

Di bulan September kemaren Bapak dan Ibuk saya merayakan hari lahirnya, sayang si anak wedok ayu dewe alias saya lupa ngucapin selamat ke mereka berdua. Ah, semoga mereka maklum dan tidak mengutuk saya jadi kodok #kungkong. Dan untuk menebus dosa saya, minggu kemaren saya mengajak Bapak dan Ibuk makan-makan di Tlatar Boyolali, pastinya bareng keluarga besar alias adik-adik saya .

Beberapa tahun yang lalu, tepatnya saat masih SMA saya beberapa kali ke Umbul Tlatar, dan seingat saya dulu hanya ada kolam renang, tempat mancing dan rumah makan. Kemaren saya agak terkejut dengan suasana di Umbul Tlatar yang sangat berbeda. Tampilannya lebih cantik dan fasilitasnya lengkap. Kaget aja kok ada hutan kecil dengan sungai  yang mengalir ditengahnya. Duo anak lanang langsung ribut pengen nyemplung kali begitu turun dari mobil.
Ada beberapa pemancingan di Umbul Tlatar, pengunjung diharuskan membayar tiket sebesar 3000 rupiah per orang dan parkir mobil sebesar 5000 rupiah. Saya memilih pemancingan…