Embung Nglanggeran Gunung Kidul



Embung Nglanggeran Gunung Kidul
Pagi itu saya dan beberapa rekan berkesempatan mengunjungi kabupaten Gunung Kidul untuk menyelesaikan beberapa kegiatan. Jarak tempuh ke Gunung Kidul  tidak terlalu jauh, mungkin sekitar satu hingga satu setengah jam.
Setelah beberapa tugas terselesaikan sehabis makan siang kami balik ke Bantul. Tapi, rasanya sayang banget kalo ga mampir ke suatu tempat yang belum pernah kami kunjungi. Beberapa ide muncul dan Embung Nglanggeran menjadi tujuan ampiran kami.
Rute menuju Embung Nglanggeran dari arah Jogja – Jalan Wonosari – Bukit Hargodumilah atau Bukit Bintang – Perempatan Timur Radio GCD FM Patuk ke kiri – Desa Ngoro-oro – Pertigaan setelah UPT Puskesmas Patuk II ke kanan – Pendopo Kalisong  lurus saja ikuti jalan aspal – Pertigaan setelah SDN Nglanggeran ke kiri – ikuti papan petunjuk menuju Kebun Buah Nglanggeran di tikungan dan pertigaan – Kebun Buah Nglanggeran.
Jalan menuju Embung Nglanggeran terbilang sempit dan agak menanjak. Yaiyalah, Embung Nglanggeran berada diatas bukit, yang dipotong dan dijadikan telaga buatan untuk mengairi Kebun Buah di sekitar Gunung Api Purba Nglanggeran. Kiri kanan jalan banyak batu-batu besar , dan tampak dari kejauhan jajaran Gunung Api Purba.

Kami sampai sana  selepas tengah hari dan panasnya ampuun dah. Jika kamu berencana kesini, mending datang agak pagian atau sore sekalian menikmati senja dan sunset yang indah. Obyek wisata Embung Nglanggeran sepertinya masih dikelola warga lokal. Jangan kawatir tiket masuknya hanya beberapa ribu dan ditambah bea parkir kendaraan kalian.


Tempat parkir di Embung Nglanggeran cukup luas, ada beberapa gazebo dan warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman bagi pengunjung.



Ada beberapa anak tangga yang harus kita lewati, naiknya nggak begitu jauh koq, kamu pasti kuat nyampe atas. Embung Nglanggeran berada di area Kebun Buah Nglanggeran, banyak pohon durian yang ditanam disini, sayang saat saya kesana belum ada yang panen. Air Embung Nglanggeran berasal dari tadah hujan dan dari Sumber Sumurup yang berada di Gunung Purba Nglanggeran.





Ohya, biarpun ada telaga cantik tapi disini dilarang memancing, mandi-mandi atau naik perahu yaa. Dari atas bukit kita bisa melihat indahnya gunung kidul bagian utara dan gugusan gunung purba. Saya jadi penasaran pengen naik ke gunung purba yang cuma berjarak beberapa kilometer dari Embung Nglanggeran.

Nah, pengen tahu ada apa aja di Gunung Api Purba, tunggu post selanjutnya yaa..

Komentar

  1. Wah bagus juga ya ternyata Embung Nglanggeran. Coba ah besok Minggu kesana. Semoga cuaca cerah. Thanks min informasinya. :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)