Skip to main content

5 Kuliner Wajib di GALABO Solo


Suasana di Galabo Solo

Hai sobat pastinya suka kulineran donk. Makan-makan 'bro! Kali ini saya bakal ngajakin kalian jalan-jalan ke Solo, kota budaya yang menyimpan warisan budaya dan terkenal sebagai kota batik. Semasa kuliah saya sering kulakan batik di Pasar Klewer untuk saya jual lagi, lumayan buat nambah uang saku , hehe. So, kalau kalian pengen belanja di Pasar Klewer ajakin sayalah, ntar saya bantu nawar harganya.

Selain Pasar Klewer dan batik, yang membuat saya kangen akan kota Solo itu aneka kuliner yang lezat. Ada gudeg, salad solo, sop manten, dan masih banyak jenis masakan lainnya. Saat saya mulai kangen, saya akan menyempatkan diri jalan-jalan ke Solo untuk wisata kuliner.


GALABO atau Gladag Langen Bogan  merupakan tujuan utama saya saat ke Solo.  Galabo berada di Jl. Mayor Sunaryo, tepatnya di timur bundaran Gladag. Arena kuliner ini dibuka mulai sore hari, jalan ditutup untuk umum dan hanya pejalan kaki yang bisa melewati jalan ini. Nah, sambil jalan-jalan, kita bisa menikmati aneka makanan yang ada disini. Mau cari sate, thengkleng, bakso, wedang ronde bahkan makanan ala londo seperti burger, steak pun ada disini.

GALABO sudah dibuka semenjak tahun 2008, dulu sebelum menikah saya sering makan sekalian nongkrong disini, tempatnya rame dan saat weekend ada banyak hiburan. Seperti band akustikan dan keroncong. Duduknya juga bebas karena areanya panjang banget, mau lesehan atau duduk-duduk oke aja. 

Nah, dari pada kalian keburu penasaran ama kuliner yang saya nikmati, yuk cus aja 'sob!
1.  Sego Liwet

Sego Liwet atau nasi liwet merupakan kuliner asli Solo, nasinya yang lembut dan agak lembek punya cita rasa tersendiri. Karena nasi liwet tidak dikukus, hanya dimasak di ketel. Nasi Liwet dilengkapi dengan sayur jipan agak pedes, dengan lauk telur rebus atau suwiran ayam. Harganya? Cukup 8 ribu perak anda bisa menikmati nasi liwet khas Solo, apalagi pake alas daun pisang, rasanya makin "ngresep".

2. Sate Buntel


Sate buntel merupakan sate dari daging kambing dan dibungkus menggunakan lemak kambing ini rasanya sangat enak. Buntel dalam bahasa Indonesia berarti dibungkus.  Porsinya cukup besar dan disajikan dengan nasi putih panas. Sudah lama saya ngidam sate buntel, tapi susah nyari di luar kota Solo. Mumpung masih di Galabo, saya puas-puasin dah makan sate kesuaan Jokowi ini.

Ada beberapa kedai yang menjual menu sate buntel dan teman-temannya, seperti thengkleng, sate kambing, dan gulai. Harga yang musti kita bayar antara 25 ribu sampai 30 ribu rupiah. Lumayan murah khan?

3. Sop Matahari


Sop Matahari mempunyai rasa yang khas, berbeda dengan sop bikin sendiri. Apalagi saat makan diluar gini, anak-anak sukanya makan yang berkuah dan ada sayurnya. Solo punya beberapa pilihan sop, dari sop manten, sop matahari, sop sosis. Semuanya enak dan ngangenin. Harganya murah pula, cuma 8 ribu kita bisa merasakan segarnya sop Solo.

4. Cabuk Rambag


Cabuk rambag juga kuliner khas di Solo, nasi ketupat yang diiris tipis-tipis, diberi sedikit saus dari wijen, kemiri dan kelapa parut yang terlebih dulu disangrai. Nikmatnya dimakan bareng lauk "karak" sejenis kerupuk dari nasi. Orang Jawa apalagi dari Klaten pasti suka banget makan karak. Adik ipar saya suka banget makan cabug rambag, saya  mah udah kekenyangan makan sop ama Sate buntel.

5. Salad Solo


Nah ini, menu favorit yang nggak boleh dilewatin kalau ke Solo, yaitu Salad Solo atau biasa disebut Selat. Aneka sayuran yang direbus dan daging sapi serta telur dan disiram kuah asam manis dan sedikit mayonaise bener-bener bikin fresh. Kalau saya suka pake mayonaise agak banyak, biar lebih asem dan segar.
Harga salad solo sekitar 12 ribu sampai 15 ribu, dijamin ga bikin dompet kosong.

Makan-makan memang jadi hobi keluarga saya, bisa dilihat dari body kami khan, hehe. Entah dimana makannya yang penting kebersamaan. Saat kita pengen nyari tempat makan baru kami mengandalkan aplikasi Open Snap yang bisa kalian pake diandroind kamu, aplikasi pencari tempat makan paling asyik bisa kamu unduh disini

Saya suka banget pake aplikasi ini, mau cari referensi kuliner lebih mudah , kita bisa cari tempat makan enak di Malioboro    atau saat di Bandung dan pengen makan di tempat makan romantis diBandung 

Apalagi saat ini aplikasi Open Snap punya feature yang makin memudahkan pengguna :
  1. Personalized Your Food App by Bookmark : kamu dapat bookmark restoran, jenis masakan atau makanan favoritmu. Selain itu  juga dapat filter Restoran berdasarkan Bookmark yang terbanyak oleh foodies. Semakin restoran / jenis masakan / makanan tersebut di bookmark, maka semakin banyak digemari.
  2. Social Visited: kamu dapat melihat Temanmu (yang kamu follow) pernah berkunjung di restoran mana saja. Jadi kamu dapat melihat restoran mana yg paling banyak atau digemari oleh Teman - Teman.
  3. Map View: kamu dapat melihat berbagai Restoran yg terdekat dari lokasi kamu berada.
  4. Personalize your favorite location: kamu dapat mengatur lokasi yang sering dikunjungi untuk menjadi laman terdepan.
  5. Everyone Tab: kamu akan di update dan terkoneksi oleh seluruh foodie yang berada di Kota tersebut

Comments

  1. wah mantab kulineran solonya..

    kapan2 oengin coba kalau kesana

    ReplyDelete
  2. entah mengapa sate buntel terilah begitu menggoda

    ReplyDelete
  3. Wah kangen dengan nasi liwet Solo dan selat Solo. Pingin liburan ke Solo bareng keluarga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayuuuk mbak, sekalian kopdaran, ditunggu lho

      Delete
  4. aku jatuh cinta sama cabuk rambag maak...ptama nyoba pas lg hami gede, malem2 wis ngantuk..tnyata enak, apalagi dimakan sama sate sapi :D

    ReplyDelete
  5. Ayo, kapan ke Solo lagi. Sop matahari kesukaan anak saya. Kalausaya suka sego liwet sama tengkleng .

    ReplyDelete
  6. Wah aku senin smp rabu tugas ke solo mbak. Jadwalnya sih padat merayap. Tp pingin hunting kuliner khas solo. Kmrn udah ngintip2 jg...kyknua sate gimbalnya enak nih. Klo satu tmpt banyak pilihan lbh oke lg...

    ReplyDelete
  7. mantap deeeh makanan solo, aku biasanya pesan sop matahari di tetanggaku mba kalau lagi pengen segar2...

    ReplyDelete
  8. yaaaa ku blm nyobain cabug rambak, ah mau balik solo

    ReplyDelete

Post a Comment

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)

Popular posts from this blog

11 Lagu Sedih Tentang Cinta Beda Agama

Hayoo, siapa yang belum pernah ngerasain patah hati. Sepertinya nggak ada yaaa, kecuali kamu belum pernah punya kekasih hati. Hahaha.  Saat lagi patah hati, paling enak 'tuh ya dengerin lagu sedih yang sesuai banget ama suasana hati yang mendayu-dayu. Puasin 'dah menangis berdarah-darah, apalagi terprovokasi lagu sedih yang membuat air mata tak henti mengalir. Karena, kalau lagi patah hati tapi berniat menghibur diri dengan mendengarkan lagu heppi tuh tetep kagak mempan. 
Mewek? Nggak papa koq. Asal kagak ada orang lain lihat atau orang yang kamu tangisi tahu. Bisa GeeR dia nanti. 
Ngomong-ngomong tentang patah hati atau putus cinta, banyak penyebabnya. Sebut saja, doi selingkuh, doi udah nggak cinta, doi dah bosen, doi dijodohin ortunya. Tapi, kalau menurut saya nih, putus cinta karena "perbedaan" itu yang bikin nyesek. Padahal keduanya saling mencintai. Tapi, tetep harus pisah. Nah lo!
Menjalani sebuah hubungan dengan perbedaan agama/keyakinan memang sangat berat …

Villa Budi Luhur II , Villa Pilihan Keluarga di Sekipan Tawangmangu

Dah hari Jumat aja nih, weeked brooo, mari piknik biar awet muda ya. Kali ini saya mau membagi cerita piknik keluarga saya beberapa waktu yang lalu. Bukit Sekipan Tawangmangu bisa jadi pilihan kamu untuk berlibur bareng keluarga. Ada villa dengan view cantik, hutan pinus dibelakang rumah dan kebun strawberry di depannya. Nikmat apa yang saya dustakan coba.
Sedianya saya ingin berkeliling Semarang, bersama orangtua, keluarga saya dan adik-adik saya. Tapi hunting hotel koq harganya ga turun-turun dan Bapak saya enggan untuk berjalan jauh, akhirnya saya pengen ngadem aja di Tawangmangu.
Dah pada tahu kan, di Tawangmangu banyak villa cantik dan dekat obyek wisata Grojogan Sewu. Pasti sangat ramai, padahal saya pengen tempat yang sepi, tenang dan dingin. Ratusan hotel, villa dan penginapan berjajar di sekitar Tawangmangu, satu persatu villa saya hubungi dan Villa Budiluhur jadi pilihan saya. Pemilik menawarkan villanya yang baru, karena villa lama sudah dipesan orang lain. Jadilah saya be…

Pengen Baby Selalu Wangi? Ini Rahasianya Moms

Time flies so fast gaes, tak terasa anak mbarep saya sudah berusia lima tahun. Usia dimana "masa kritis" seorang anak telah terlampaui dan saya merasa sedikit lega. Kenapa dikatakan semasa balita merupakan masa kritis? Karena di usia bawah lima tahun seorang anak masih rentan terkena penyakit, masih membutuhkan penanganan ekstra dan perhatian khusus dari orang tua terutama Ibu.



Hari ini saya sangat bahagia, duo anak lanang sehat dan tumbuh dengan baik, walaupun yang mbarep agak langsingan sedang adiknya lebih gembul. Ya, namanya anak-anak berbeda dan unik. Keduanya amat saya sayangi dan cintai.


By the way busway ((siapa yg naik busway 'nyah)). Walaupun sekarang sudah tidak merasakan rempongnya punya bayi, tapi terkadang banyak hal yang berhubungan dengan bayi membuat saya kangen pengen megang bayi lagi (('sok bikin)). Jujur sih, saya pengen punya bayi lagi, tapi maunya cewek biar ada yang nurunin cantiknya saya ((hueex)), tapi sabar masa produktif saya masih beberapa…