Perjalanan ke Bandung Lewat Jalur Selatan

Jika keluarga lain mudik ke Jawa saat lebaran, eh  saya yang malah pergi ke Jakarta untuk berlibur disana. Kasian kan kalau Jakarta sepi ditinggal penduduknya. Hehehe.. Adik dan kakak mas Bojo tinggal di ibukota dan mereka pulang ke Jogja saat natal, so kami aja yang menyambangi mereka di saat liburan hari raya Idul Fitri tahun 2015 ini. Disamping melancong sambil kangen-kangenan ama saudara.
Masih bulan syawal kan, mau ngucapin met lebaran yaaa, kalo ada salah kata mohon dimaapin yee.

Karena Mamak (embah anak saya) merupakan anak tertua, ga enak rasanya kalau di hari pertama lebaran kami sekeluarga pergi, di mana keluarga adik-adik Mamak "ujung" atau silaturahmi ke rumah kami. Ntar dikira "nglungani", walaupun kami tidak merayakan lebaran, tapi moment lebaran itu sangat kami nantikan, saat dimana bertemu dengan keluarga besar dan bermaaf-maafan, dan pastinya banyak kue enak dan ketupat opor ayam, ehhmmmm......

Jumat, 17 Juli banyak tamu yang datang ke rumah kami, senang donk. Banyak anak kecil dan lembaran rupiah yang masih klimis siap dibagikan. Setelah semua sanak family datang, saya bersiap-siap untuk ke Klaten, kampung halaman saya yang jauhnya cuma sepelemparan sendal dari Kalasan, hehehe.....

Banyak rumah yang harus saya kunjungi, tempat mbah-mbah, bude dan sanak family deket rumah. Biasanya kami sekeluarga keliling saat sore dan malam hari, tapi karena sorenya saya harus ke rumah bulik dari Bapak saya, jadwal "ujung" dimajuin ke siang hari.
Keliling kampung sambil digendong mbah kakung

Seharian sampai malam beraktivitas tuh capek, tapi hepi juga kan lagi lebaran. Nah, badan dah pengen ambruk aja di kasur, tapi saya mesti prepare barang - barang yang dibawa ke Jakarta besok subuh. Kalau baju sih sudah dimasukin semua dalam 3 tas besar, yess kami berempat dengan duo anak lanang yang dikit-dikit ganti baju, bawaannya mesti segambreng. Yang masih harus saya persiapkan tuh, cemilan, mainan, baju ganti selama perjalanan, selimut dan bantal. Enggak kaget sih ama persiapan yang ribet, saya dan anak-anak terbiasa dengan perjalanan panjang di darat. Desember tahun kemaren ke Bali dan hampir 24 jam di mobil, April kemaren juga abis ke Jakarta eh sekarang kesana lagi. Jalan-jalan broo, biar ga kurang piknik, hehehe.

Sabtu jam 5 pagi kami semua sudah ready termasuk si Bapak yang bertugas sebagai sopir. Ngopi dulu mas broo biar ga ngantuk. Setelah semua siap, dua anak lanang digendong pindah ke mobil karena mereka masih bobo manis.  Ada si Mbah, saya, mas Bojo, adik suami dan kedua anak lanang dah nongki di mobil, dan cuss kami berangkat.

Pagi masih berkabut dan kami siap menyusuri jalanan

Perjalanan terbilang lancar, nyampe di Purworejo istirahat di Pom Bensin, yang tua-tua sarapan dan tugas saya mandiin duo anak lanang. Lanjut nyuapin mereka, setelah perut mereka kenyang, perjalanan dilanjutkan, masih jauuh  bro.
Hari kedua lebaran masih banyak aja plat B yang baru datang

Masih pagi jam 6 an jalan masih sepi

Karena mau mampir di Bandung, kami lewat jalur selatan dan sampai di Kebumen jalan mulai puadet, ga dari barat atau timur sama aja. Perjalanan sedikit tersendat, tapi dinikmatilah namanya lebaran kalau ga macet ga afdol, hahaha.

Biasanya suami ngajak adik saya untuk gantiin nyopir, tapi pas lebaran gini yo ga enak kalo ngajak pergi-pergi. Dan GPS lah yang jadi andalan suami, hapal sih jalur selatan. Tapi biar lebih yakin kayaknya perlu  bantuan si google map, hihihi daripada nyasar.

Kalau si Bapak bertugas mengemudi, tugas saya nggurusin duo anak lanang yang ga mau diem, loncat dari kursi depan ke belakang, balik lagi dan ga mau diem kecuali pas bobo. Cape deh.     Nyiapin cemilan, susu dan menghibur mereka saat mulai bosan.

Rute Jogja Jakarta lewat jalur selatan :
Jogja - Wates - Purworejo - Kutoarjo - Kebumen-Gombong-Buntu-Wangon-Majenang- Banjar - Tasik - Garut - Masuk tol Cileunyi.

Perkiraan magrib dah nyampe Nagrek, etapi magrib baru nyampe Nagrek dan macet total,  huhuuu..... 3 jam terjebak macet dan jam 11 baru nyampe tol Cileunyi, tapi udah tenang, kan mau nyampe. Suami yang nyopir dari pagi juga dah lega, bisa istirahat yaaa sayang.

Kami langsung beristirahat dan mengumpulkan energi lagi, karena paginya Minggu, 19 Juli 2015 kami berencana ke Anyer, yeeey  nginep di pinggir pantai.

Mau tau cantiknya Pantai Anyer dan nyamannya villa My Pisita Anyer yang recomended? Tunggu dipost selanjutnya ya say  :)