Tuesday, 28 July 2015

Cara Aman Menggunakan Soft Lense/Lensa Kontak


Bagi yang mempunyai mata minus, menggunakan alat bantu baca mutlak diperlukan. Apalagi kalau minusnya sudah banyak, seperti saya minus 3, mata melek ya harus pake kaca mata. Tanpa kacamata tetep bisa melihat sih, tapi gambar tidak jelas dan kabur,  apalagi buat membaca wajib hukumnya pake kacamata.
Kalo ngantor saya lebih suka menggunakan kaca mata

Seiring dengan kemajuan jaman, alat bantu baca tak hanya kacamata saja. Sekarang sudah ada softlense atau lensa kontak, sebagai pengganti kacamata. Begitupun saya, sesekali bosen pake kaca mata, apalagi saat mau jalan-jalan dan pengen pake kaca mata item biar gaooll #edisiKemayu. Solusi biar tetep trendi tapi bisa melihat dengan jelas ya pake soft lense. 

Sebelum memutuskan mau pake kaca mata atau soft lense, pastikan anda tahu tata cara ataupun kelebihan dan kekurangan dari soft lense. Kelebihannya antara lain :
  1. Lebih nyaman dan leluasa, tidak perlu copat copot kaca mata apalagi yang punya hidung  mancung    ke dalem kayak saya, harus sering2 naikkin kaca mata yang melorot.
  2. Menunjang penampilan. Warna lensa semakin beraneka ragam, ditambah pola yang berbeda-beda biasanya membuat mata terlihat lebih lebar dan mata terlihat lebih cantik dan dramatis #augh.
  3. Bebas beraktifitas, kaca mata seringkali mengganggu saat kita harus berolah raga  dan membatasi gerak kita karena takut kaca mata terjatuh. Dengan mengenakan sof lense, kita bebas lari-lari atau nungging tanpa kawatir kaca mata melorot.

Disamping manfaat yang menguntungkan, kita juga harus tahu kekurangan dan cara merawat soft lense, karena soft lense membutuhkan kebersihan dan ketelatenan pemakainya.
Berikut tips menggunakan dan merawat soft lense/lensa kontak :
  1. Pastikan membeli softlense sesuai minus mata kamu, apabila mata kamu normal tersedia soft lense normal juga.
  2. Cuci tangan sampai benar-benar bersih sebelum memegang soft lense.
  3. Tuang satu per satu ke dalam telapak tangan, sebelum dikenakan bersihkan dengan cairan pembersihnya yang biasa disertakan saat membeli soft lense. Usap perlahan dan bilas baru kenakan di mata. 
  4. Setelah satu terpasang, ulangi hal yang sama untuk mata sebelahnya. Pastikan soft lense terpasang sempurna dan tidak ada ganjalan dimata. 
  5. Jika mata perih atau tidak nyaman, segera lepas dan pakai lagi secara perlahan. 
  6. Jangan menggunakan soft lense lebih dari 8-10 jam.
  7. Lepas soft lense saat tidur atau berenang, untuk menghindari infeksi dari patogen di kolam renang yang tidak bersih.
  8. Saat soft lense tidak digunakan, selalu rendam dalam tempatnya dengan cairan pembersihnya.
  9. Selalu ingat masa berlaku soft lense, sebulan atau 6 bulan. Jangan sampai memakai softlense yang sudah kadaluwarsa.
  10. Sering berkedip saat menggunakan soft lense, karena soft lense membuat mata cepat kering.
  11. Jangan menggunakan soft lense saat mata pedih atau sedang infeksi.
Yang pasti, belilah softlense yang bermutu dan harganya terjangkau. Kalau saya menggunakan soft lense merk X2 Biocolor, harganya murah cuma 100 ribu untuk jangka waktu 6 bulan. Selama saya mengenakan, tidak ada masalah dan nyaman. Untuk mendapatkannya juga mudah, optik-optik menyediakannya. Bagi yang tinggal di Jogja bisa membelinya di Spy Eyes di Plaza Ambarukmo. Buat kamu yang tidak minus tapi pengen matanya lebih cantik, ada banyak pilihan warna dan model ringnya.


Kalau saya lebih suka memakai warna abu-abu atau kadang coklat. Kalo pake warna biru ga berani ah, ntar dikira bule tapi koq pendek, hahaha. Kalau temen Aprint suka pake softlense ga? Suka warna apa, share yaa.
Soft lense membuat mata sipit saya terlihat lebih besar

2 comments:

  1. cakep..beberapa kali pake x2 xixixi dulu tapinya..sekarang riweh kayaknya...--"
    aku enak kacamata tapi mak...

    ReplyDelete
  2. Jadi kangen pakai softlens lagi... dulu softlens ku pernah masuk ke atas mata mbak ngeri banget :( untung bisa tak keluarin sendiri huhu

    ReplyDelete

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)

Popular Posts