Wednesday, 24 June 2015

Keuntungan Menggunakan BPJS Kesehatan



Apa sih BPJS itu?
BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial)  semacam asuransi kesehatan yang diselenggarakan oleh pemerintah, jika menjadi anggota BPJS peserta akan mendapat pelayanan dan kemudahan di bidang kesehatan. Peserta Jamsostek, ASKES, Jamkesmas dan Jamkesda sekarang jadi satu di BPJS. Pastinya kalo jadi peserta BPJS bisa berobat gratis, tapi sesuai ketentuan yang berlaku ya.

Tujuan BPJS
Tujuan pemerintah membentuk BPJS yaitu agar seluruh penduduk Indonesia memiliki jaminan kesehatan nasional untuk memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatannya yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan yang handal, unggul dan terpercaya.

Prosedur ASKES dan BPJS hampir sama, hanya ada sedikit perbedaan, misal kalo dulu bayi lahir langsung ditanggung ASKES tanpa mendaftar terlebih dulu. Begitu lahir  bayi langsung di cover ASKES sampai bayi umur sebulan, setelah itu harus didaftarkan ke ASKES. Sedangkan BPJS, bayi sebelum lahir harus didaftarkan dulu, kalo belum didaftarkan bayi setelah lahir tidak ditanggung oleh BPJS, sehingga ada kejadian ada bayi lahir dengan biaya membengkak, itu karena peserta kurang informasi dan pihak pelaksana juga tidak memberi tahu.
Keuntungan menggunakan BPJS
Menjadi peserta BPJS memudahkan kita mendapat pelayanan kesehatan tapi berjenjang, pertama priksa ke dokter pribadi/puskesmas, jika penyakit berat akan dirujuk ke RS lanjutan. Tapi banyak orang yang pengennya langsung priksa di RS, sehingga Puskesmas kosong, padahal kalo cuma sakit batuk atau panas biasa Puskesmas bisa menangani. Hal ini mengurangi penumpukan pasien di RS. Jika selama ini pasien kesannya dipersulit saat meminta rujukan dari Puskesmas bukan karena pegawai Puskesmas pelit tapi pihak Puskesmas juga dimarahi oleh pihak RS jika semua pasien menumpuk di RS dengan penyakit ringan.
Saya jarang menggunakan ASKES dan semoga tidak menggunakannya lagi, maksudnya gausahlah sakit. Meskipun gratis pilih sehat ajaahhh. Fasilitas ASKES saya gunakan saat melahirkan anak saja dan saat si kecil sakit beberapa waktu yang lalu.
Pengalaman saya dan teman-teman saya, BPJS semakin memudahkan dan nomboknya murah. Dulu saat melahirkan mas, saya menggunakan kamar VIP padahal seharusnya saya menggunakan kelas 2, menginap selama 3 hari di RS negeri biaya seluruhnya 1.500.000 , dibayar ASKES  separohnya sehingga saya harus nombok 750 ribu.  Dan saat anak saya terpaksa opname beberapa waktu yang lalu menghabiskan biaya 5 juta selama 6 hari, sama-sama pindah kelas ke VIP dan ditanggung BPJS 4.700.000, so saya cuma membayar ga sampai 300 ribu. Saya kaget juga, karena sudah menyiapkan biaya separonya ternyata cuma bayar dikit banget. 

Saya jadi inget cerita tetangga yang malah hepi saat keluar dari RS. Kenapa? Karena biaya di RS gratis tanpa bayar sepeserpun tapi malah untung karena dapat banyak amplop dari tetangga-tetangganya, hahaha...sakit koq seneng pak.

Jika kamu belum terdaftar di BPJS yuk segera daftar, caranya gampang dan iurang bulanan murah. Kalau malas nganti bisa daftar secara online dulu di http://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/index.php/pages/detail/2014/15
Info lengkap tentang iuran, manfaat dan serba serbi BPJS silakan baca-baca  http://bpjs-kesehatan.go.id , untuk para pekerja di  http://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/



9 comments:

  1. Makasih infonya y mbak prim, bermanfaat bgd nih buat aku yg masih mundur kenak buat dafta bpjs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mbak, buat jaga2 aja. Skrg biaya rs kan mahal.

      Delete
  2. Meskipun bisa untung dapat banyak amplop, pilih sehat tetep ya, Mbak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dibayarpun ogah mbak kalo sakit, ga bisa jalan2 hehe

      Delete
  3. Papah mertua saya terkena diabetes dan sekarang sering bolak-balik ke rumah sakit untuk kontrol pasca dirawat. Memang iya, sih, terbantu banget karena BPJS

    ReplyDelete
  4. apalagi utk yg sudah berumur asuransi bener2 dibutuhkan mbak.

    ReplyDelete
  5. Baru angan angan doang daftar BPJS
    Tiap lewat Gedongkuning liat antriannya sudah setres duluan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga usah ikut bpjs ga papa kan situ semua biaya keshatan dicover prsh tho mas.. Daftar dibantul aja ga ngantri.hehe

      Delete
  6. Saya ikut BPJS juga...
    alhamdulillah belum pernah digunakan... :)
    salam kenal lagi mbak Prima...

    ReplyDelete

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)

Popular Posts