Wednesday, 1 April 2015

Acara Favorit Anak-anak: Barney and Friends

genius.com

Taraaaaaa...
Panasnya siang ini, ehm sambil istirahat saya mau cerita tentang serial film yang sangat disukai oleh kedua anak saya, terutama Si Mas Nathan. Yaitu Barney and Friends. Semenjak usia satu setengah tahun dia sangat senang melihat serial Barney and Friends yang diputar di stasiun Jim Jam, salah satu stasiun TV satelit. Sayang ya, TV lokal ga nyiarin acara ini. Padahal, acaranya bagus dan mendidik anak-anak terutama balita. Apalagi, acara tv bagi anak-anak semakin langka dan mutunya kurang.

Nathan kayaknya tak pernah bosen menonton Barney dan teman-temannya bernyanyi, bermain dan belajar. Walaupun dalam sehari diputar berkali-kali dan terkadang ceritanya sama. Yah, namanya anak-anak, sampai usia 3,5 tahun tetep demen mantengin Barney, walau frekuensi sudah berkurang, karena Cuma lihat dari You tube atau dari video yang saya download. Maklum, rumah sudah ga langganan TV satelit lagi, boros dan saya jarang ngliat tv, rugi dech.

Barney & Friends adalah acara televisi untuk anak-anak yang diproduksi di Amerika Serikat (USA) oleh perusahaan televisi lokal PBS (Public Broadcasting Services) yang dimulai sejak tahun 1992 tepatnya pada tanggal 6 April 1992 sampai dengan sekarang. Film ini diperuntukkan khusus bagi anak-anak pra-sekolah yang berusia antara 3 sampai 6 tahun.

Film serial ini unik karena memang hasil karya seorang guru bernama Sheryl Leach. Ide ini muncul saat Sheryl Leach mempunyai seorang anak yang hiperaktif dan selalu pengen mencari sesuatu yang baru, dan akhirnya pada saat beliau terjebak dalam traffic jam tiba-tiba beliau mendapat ide bagus..yaitu membuat video series yang bisa menarik perhatian anak dan mendidik anak-anak,maka muncul lah si Barney ini.

Siapa sich Barney itu?
aretheyoldenough.com

Barney adalah Tyrannosaurus Rex yang berwarna ungu yang menyampaikan pembelajaran melalui lagu dan tarian kecil dengan sikap bersahabat dan optimistik. Barney sangat suka selai kacang dan jelly sandwich dengan segelas susu, Barney juga sangat senang marching band dan parades. Burney memiliki tiga teman baik yaitu Baby Bob yang suka menari dan selalu membawa sarung tangan berwarna kuning, BJ kakak dari Baby Bob, dan Riff yang suka bermain alat-alat musik

Setiap serial mempunyai tema yang berbeda-beda, cerita pasti dimulai dengan munculnya Barney yang semula hanya sebuah bonek dan kemudian bermain dengan anak-anak. Yang saya suka, dari beberapa anak-anak yang bermain, mereka berasal dari ras yang berbeda, ada yang berkulit hitam, Chinese, Jepang dan warga Amerika sendiri, tapi mereka rukun dan bermain bersama. Dari perbedaan ini Barney mengajarkan kepada anak-anak untuk selalu menghargai perbedaan dan tetap bersama dengan kawan-kawan.

Saya juga suka lho liat serial ini, jadi ikut berimajinasi seperti anak-anak, apalagi rumah Barney yang bagus dan lengkap isinya.

youtube.com

Belajar bersama Barney tak hanya didalam kelas, tapi bernyanyi dan beraktivitas fisik diluar kelas. Setiap Barney bernyanyi dan menari anak saya pasti mengikutinya. Dan anak saya bisa bernyanyi dalam bahasa Inggris gara-gara nonton Barney and Friends. Hampir semua lagu anak dinyanyikan dalam serial Barney, lagu bahasa Inggris lho ya, dari Old McDonald, The Wheel On the bus, If You Happy,  dan ternyata lagu anak-anak yang diajarin di TK nada dan melodinya sama ya ama lagu berbahasa Inggris, jadi penasaran yang  niru yang mana ya?
the-works.net

Di setiap akhir acara, Barney selalu menutupnya dengan lagu I Love You. Sebelum berpisah Barney dan anak-anak bernyanyi lagu itu sambil memeluk semua anak. Dan, anak saya juga slalu memeluk saya, Bapaknya, Mbahnya dan adiknya saat menyanyikan lagu itu. Yah, moment itu adalah salah satu moment yang paling saya tunggu, dia memeluk saya sambil bernyanyi I Love You, uuuhhh rasanya tak ada hal yang lebih membahagiakan selain hal itu. Apalagi, adiknya sekarang juga ikut-ikutan, yang meluk saya nambah dech J

Lirik lagu I Love You
I love you, You love me
We are happy family
With a great big hug and a kiss for me to you
Want you say You love me too.

Gimana kawan, sudah pernah tahu atau liat serial ini? Bagi yang belum, sayang lho, yuk ajak adik balita atau anak-anak kita untuk melihat Barney n Friends, pasti happy.


3 comments:

  1. Anakku saking senangnya aja barney sampe punya boneka nya 3 Dan salah satunya yg size super besar, sampe ngalahin bdnnya fylly :D.

    ReplyDelete
  2. anakku juga suka banget sama barney mak, sekalian juga emaknya ini belajar bahasa inggris. hehe

    ReplyDelete
  3. Anakku nontonnya Komo yang versi lagu. Jadi dulu kalo ngeliat barney dia bilangnya Komo. Hihi anak jadul yak

    ReplyDelete

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)

Popular Posts