Saturday, 14 March 2015

Tips Tidur Nyenyak ala Smart Mommy


Banyak orang menganggap aktivitas tidur adalah hal yang remeh temeh dan tidak penting. Mau tidur ya tidur, tidur ajah, tinggal merem udah. Terkadang kita tidak sadar, dan tidak peduli dengan kualitas tidur. Padahal  tidur yang berkualitas/nyenyak sangat dibutuhkan dalam menjaga kesehatan tubuh kita.  

Seperti apa sich tidur yang berkualitas / nyenyak itu?


Ketika kita tidur , itulah saat dimana kita mengistirahatkan pikiran dan jiwa kita. Setelah melakukan berbagai aktivitas entah dirumah atau di kantor yang menguras energy, tubuh membutuhkan istirahat dengan tidur yang berkualitas atau nyenyak.  Kalo kata orang Jawa, tidur nyenyak itu ya “angler” tidur lelap tanpa gangguan yang bisa membuat kita terjaga, dan  bangun dalam keadaan segar keesokan harinya.

Saat tubuh beristirahat , tekanan darah menurun, sistem perbaikan tubuh bekerja lebih cepat dan efisien.  Selain itu, sistem  pembuangan alami tubuh  (hati, ginjal, dan sirkulasi darah) bisa bekerja tanpa harus memproses racun tambahan dari udara luar atau dari makanan yang kita konsumsi.  

Idealnya orang dewasa membutuhkan 7-10  jam  untuk tidur dan 12-14 jam untuk anak-anak. Tapi, masih banyak yang mengabaikan jam tidur dan bahkan ada juga yang mengalami kesulitan untuk bisa tidur nyenyak.   

Ada banyak faktor yang membuat seseorang susah untuk tidur nyenyak, seperti faktor pekerjaan, beban pikiran yang tinggi, masalah kesehatan, dan yang paling sering adalah karena gangguan si nyamuk nakal yang nguing-nguing di telinga, bahkan kalau sampe menggigit, aduh badan bentol dan gatal. Dan pertanda kita gak bakalan tidur nyenyak tapi malah berburu nyamuk sampe pagi. 

Manfaat apa saja yang kita dapatkan jika tidur kita berkualitas/ nyenyak ?
  • Jantung dan hati tetap sehat
Kurang tidur menyebabkan tekanan darah dan kolesterol naik, dan hal itulah yang menyebabkan terjadinya penyakit jantung dan stroke. Saat kita bisa menjaga kualitas tidur kita dan teratur tidur nyenyak, pastinya jantung kita tetap sehat. Begitupun dengan organ hati, dengan 7-10 jam kita tidur, hati akan bekerja lebih ringan karena berkurangnya racun dalam tubuh yang harus diolah.

  • Mengurangi Stress
Disamping menaikkan tekanan darah, saat tubuh dalam keadaan siaga tubuh juga memproduksi hormon stress yaitu hormone kortisol. Jika hormon kortisol yang diproduksi semakin banyak, bisa menyebabkan kenaikan gula darah, kenaikan berat badan dan menurunkan sistem kekebalan tubuh. Tidur nyenyak adalah salah satu cara agar tubuh mengurangi hormon kortisol yang menyebabkan ternjadinya stress.

  • Tubuh lebih segar dan bugar
Tidur yang nyenyak membuat tubuh merasa berenergi dan segar pada pagi hari. Saat badan segar dan bugar, akan menjadikan kita lebih bersemangat dan tidak loyo untuk melakukan aktivitas harian kita. Saat siang hari kita beraktivitas dengan aktif, malam harinya tidur kita akan lebih nyenyak.

  • Menjaga kesehatan otak dan konsentrasi
Menurut peneliti, tidur yang cukup membuat seseorang berpikir lebih cepat empat kali lipat dari biasanya. Sehingga kita bisa lebih berkonsentrasi saat bekerja. Selama  kita tidur otak melakukan proses konsolidasi memori. Ketika tubuh beristirahat beristirahat, otak sibuk memproses aktivitas dan segala hal yang terjadi, membuat koneksi antara peristiwa, input sensorik, perasaan dan kenangan. Memperoleh kualitas tidur yang lebih banyak akan membantu mengingat dan memproses hal dengan lebih baik.

  • Membantu menurunkan berat badan
Saya termasuk orang yang suka begadang, terkadang ngeblog, baca buku ataupun menjagai si kecil dari gigitan nyamuk. Mungkin hal itulah yang menyebabkan berat badan saya sulit turun, ya karena kurang tidur. Hormon ghrelin dan leptin, merupakan hormon penting yang mengatur nafsu makan, apabila jam tidur berkurang ataupun tidur tidak berkualitas/nyenyak menyebabkan produksi kedua hormone tersebut tidak seimbang. Kayaknya saya harus mengurangi begadang dan menjaga kualitas tidur agar  berat badan terkontrol.

  • Mencegah depresi
Apa sih yang meningkatkan resiko terkena depresi? Jika tubuh kita kekurangan serotonin maka akan menyebabkan kita lebih gampang terkena depresi. Dan saat kita tidur dengan kuantitas antara 7-9 jam dan kualitas yang baik, kadar serotonin dalam tubuh meningkat dan kemungkinan terjadi depresi akan lebih kecil.

  • Membantu "Perbaikan" Tubuh.
Tidur adalah waktu bagi tubuh untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh stres, sinar ultraviolet dan eksposur berbahaya lainnya. Sel-sel tubuh menghasilkan lebih banyak protein saat sedang tidur. Molekul-molekul protein yang membentuk blok bangunan untuk sel dan akan memperbaiki sel tubuh. Itulah mengapa, saat kita sakit pasti dokter menyarankan kita untuk istrirahat total, agar sel tubuh diperbaiki dan menjadi baru, sehingga menjadikan tubuh lebih sehat.


Wow, ternyata manfaat tidur berkualitas / nyenyak itu banyak ya. Hal sederhana tapi terkadang luput dari perhatian kita dan menyepelekan kualitas tidur kita. Apalagi bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, tentunya manfaatnya akan lebih penting.

Anak-anak terlebih bayi membutuhkan durasi yang lebih lama dari orang dewasa untuk tidur. Tidur yang nyenyak merupakan kebutuhan pokok yang harus terpenuhi karena banyak manfaat positifnya, antara lain:

1.  Pertumbuhan otak pada bayi
Saat tidur, hampir seluruh organ tubuh di istirahat kan. tetapi berbeda hal nya dengan otak, karena otak bayi tetap aktif pada saat tidur REM pertumbuhan sel otak pada bayi berlangsung dengan sangat cepat. dan tetap aktif mengolah ingatan dan data. Dari Mommiesdaily.com saya jadi tahu kalau anak yang tercukupi kebutuhan tidurnya terbukti memiliki tingkat kecerdasan lebih baik dan lebih kreatif.


2. Pertumbuhan fisik anak
Pada saat anak/bayi tertidur, terjadi proses perbaikan sel-sel tubuh serta berlangsung pertumbuhan dalam diri anak dan bayi. Sehingga tidur nyenyak akan bermanfaat agar tumbuh kembang optimal. 

Tidur nyenyak sepanjang malam adalah hal penting bagi keluarga saya, terutama kedua anak saya yang masih balita. Saat tidur saya tidak bisa angler/nyenyak, tubuh saya loyo dan tidak bersemangat saat kerja. Terlebih kedua jagoan saya, jika tidur mereka tidak nyenyak bisa dipastikan paginya akan rewel dan moody banget. Senyuman manis dari Nathanael dan Arsaka  tidak akan saya dapatkan karena tidur mereka terganggu. Pagi ceria saya dapatkan jika si kecil tidur nyenyak.

E..tapi, untuk bisa tidur nyenyak itu susah-susah gampang lho, terkadang kita bisa langsung tidur makler tapi kadang juga sudah dipaksain merem tetep melek aja. Apalagi saat si kecil belom mau tidur juga tapi maknya dah ngantuk, huh bikin tensi naik ajah.

Beberapa hal memang tidak bisa kita hindari, tapi kita bisa menerapkan pola tidur yang baik bagi keluarga terutama si kecil, agar tidur mereka nyenyak dan berkualitas. Dan setelah menjalani ribuan malam*halah*  saya mempunyai tips agar tidur lebih nyenyak: 
  1.  Jadwal tidur teratur
Setiap malam sebelum jam 8 anak-anak sudah harus tidur, walaupun terkadang mereka belum mengantuk, jam setengah 8 mereka harus sudah berada di tempat tidur. Dan karena sudah terbiasa dengan jadwal, sebelum jam 8 pasti mereka sudah klipuk. Jadwal ini tak hanya buat anak-anak, yang dewasa juga, cuma saya dan suami menjadwalkan jam setengah sepuluh sampai jam sepuluh malam.

    2.  Beraktivitas sepuasnya
Sebelum jam tidur, saya akan membiarkan anak beraktivitas sepuasnya, bernyanyi, menggambar ataupun bercanda. Memaksa mereka tidur sebelum ngantuk hanya membuat tensi emaknya naik, setelah kecapekan bermain, pasti mereka minta bobo. Begitupun dengan yang dewasa, menyibukkan diri diri dengan menyelesaikan pekerjaan rumah dan beraktivitas fisik membuat tidur lebih nyenyak.

Arsaka yang asyik bermain, setelah lelah dia pasti minta bobo

    3. Pastikan perut tidak kekenyangan atau kelaparan
Sebelum jam 6 anak saya sudah harus makan malam dan ini tidak boleh terlewatkan, karena kalo perut kosong atau masih lapar, tidur mereka bakal “klisikan” dan ga nyenyak. Begitupun dengan saya, makan secukupnya, karena kalo kekenyangan perut begah ga bisa tidur atau kalau belum makan perut keroncongan dan ga bisa tidur juga.

    4.  Tubuh bersih 
Acara bersih-bersih menjadi rutinitas wajib sebelum beranjak ke tempat tidur, dari cuci kaki tangan, sikat gigi, ganti baju, pake minyak telon dan bedak. Dan tak hanya anak-anak yang wajib, emak dan bapaknya juga donk, karena kalo badan lengket dan tidak bersih tidur ga bakal nyaman.

    5.  Kamar tidur yang nyaman dan bersih
Untuk bisa tidur nyenyak tidak perlu spring bed yang mahal atau selimut yag lembut, cukup kasur biasa, busa atau kasur pegas yang tidak terlalu keras dan bantal yang empuk agar kita bisa nyenyak tidur tanpa mengeluh sakit tulang belakang. Slalu bersihkan tempat tidur sebelum tidur, takutnya ada serangga atau hewan kecil yang menggigit saat tidur. Pastikan tidak ada nyamuk yang mengganggu terlebih nyamuk penyebab penyakit. Pasang Baygon Liquid Elektrik yang akan membunuh semua nyamukbahkan yang ditempat tersembunyi sekalipun.

     6.  Hindari minum kopi atau minuman yang mengandung kafein
Minum kopi atau minuman yang berkafein  hanya akan membuat mata semakin melek dan susah tidur, apalagi jenis minuman tersebut tidak baik bagi anak kecil. Saya lebih memilih minum susu kedelai dan memberikan segelas susu hangat bagi kedua buah hati saya sebelum tidur, disamping bagus bagi pertumbuhan tulang, hangatnya susu membuat mereka semakin ngantuk dan lebih cepat tertidur.

     7.  Redupkan lampu kamar
Klik, saat lampu kamar dimatikan dan diganti lampu tidur, anak-anak sudah paham jika sudah waktunya tidur, si mas dikeloni si Bapak, sedang adek ama Ibunya. Saya tidak terbiasa tidur dalam cahaya yang terang, disamping ga enak dimata, dan menurut peneliti tidur dengan cahaya minim mengurangi resiko terkena kanker. Paparan cahaya dimalam hari mengurangi tingkat melatonin, hormon yang baik membuat kita mengantuk dan diperkirakan melindungi terhadap kanker. Melatonin muncul untuk menekan pertumbuhan tumor. Pastikan kamar tidur gelap untuk membantu tubuh memproduksi melatonin yang dibutuhkan.

     8.  Pijat, elus dan senandung
Setelah seharian beraktivitas tentu tubuh capek dan otot menjadi lebih tegang. Sebelum tidur saya biasa memijit kaki, tangan anak saya sambil mengelus-elus punggung, atau keningnya. apalagi anak sulung saya, pasti minta “diisik-isik” sama Bapaknya. Banyak hal bisa kita lakukan agar kontak fisik yang terjadi semakin mendekatkan kita pada anak. Lagu twinkle little star juga saya senandungkan agar anak-anak semakin lelap tidurnya. Setelah anak-anak tertidur, giliran saya dan suami bergiliran memijat, cukup lima atau sepuluh menit bisa merilekskan tubuh setelah lelah seharian bekerja.
 
Si Bapak yang bertugas ngelonin mas Nathan sibuk mengelus dan memijat biar lelap tidurnya
      9.  Baca buku
Saat sudah ditempat tidur dan anak-anak belum juga bisa tidur saya akan membacakan dongeng pendek atau bercerita hal-hal yang menarik. Sebelumnya saya membuat perjanjian dengan anak-anak, kalau cerita selesai mereka harus segera tidur, dan biasanya sebelum dongeng kedua, mata mereka sudah 5 watt dan mengantuk. Karena saya suka membaca, kebiasaan membaca sebelum tidur sering saya lakukan, biar cepet tidur saya membaca buku ilmiah, mata jadi ngantuk dan langsung makler. Karena kalo membaca novel favorit, bisa-bisa sampe pagi ga tidur karena penasaran sama ceritanya.

     10.  Matikan atau jauhkan segala macam gadget
Nah, inilah gangguan yang paling susah ditaklukkan. Karena saat gadget masih ditangan, anak-anak juga lebih tertarik dengan gadget, main game ga jadi tidur. Atau kalo saya sibuk ber WA atau BBMan ama temen juga ga bakal tidur-tidur. Saat masuk kamar saya berusaha untuk tidak membawanya, disamping “menggoda” saat anak sudah tidur dan ada telpon masuk dengan dering yang membangunkan mereka tuh sakitnya disini.

    11.  Berdoa sebelum tidur
Semenjak usia 1,5 tahun Nathan mulai terbiasa berdoa sebelum tidur, walaupun masih dibimbing setidaknya dia mempunyai kebiasaan yang baik, dan doa adalah segalanya, terutama sebelum tidur, agar Tuhan slalu melindungi dan kita bisa tidur nyenyak tanpa gangguan.

Me VS Mosquito


Cara lama saya membantai nyamuk



 VerSus                           

Salah satu pengganggu tidur nyenyak kita adalah si nyamuk nakal. Bunyinya yang nguing-nguing bener-bener berisik. Belum lagi jika tergigit. Gatelnya susah diilangin dan sepanjang malam jadi garuk-garuk ga bisa tidur lagi.

Apalagi di musim penghujan, populasi nyamuk semakin banyak dan wabah demam berdarah kembali muncul. Seperti di Bantul, pada tahun lalu terjadi 15 nyawa tidak tertolong akibat demam berdarah. Dan ditahun ini, tercatat sudah ada 3 orang yang meninggal karena Demam Berdarah. Pemerintah daerah dan jajarannya berusaha agar penderita Demam Berdarah  berkurang.

Siapa sich biang penyebab penyakit DBD yang mematikan itu?
Ya si nyamuk nakal Aedes Agyepti, yang kaki-kakinya belang hitam putih. Sebagai Ibu, saya berkewajiban menjaga keluarga dari gigitan nyamuk. Apalagi saat mereka tidur, begadang pun saya jabanin demi menjaga si kecil supaya tidak diganggu nyamuk dan tidurnya lebih nyenyak.

Ada banyak cara agar populasi nyamuk tidak berkembang pesat dan tidak terjadi wabah DBD, antara lain :
  • Bersihkan gantungan baju yang menjadi sarang nyamuk, karena gelap dan tersembunyi. Langsung masukkan baju kotor di tempat cucian dan jangan tunda menggantungkanya dibelakang pintu.
  • Pasang kawat  kasa di jendela dan lubang angin agar nyamuk tidak bisa masuk
  • Lakukan gerakan 3M, Menguras, Menutup dan Mengubur tempat yang sekiranya menjadi sarang nyamuk, baik dilingkungan rumah ataupun diluar rumah. Bersihkan semua sudut dari genangan air.
  • Taburkan ABATE di bak atau sumur untuk membunuh jentik nyamuk yang menempel didinding ember, bak mandi atau sumur.
  • Gunakan anti nyamuk yang praktis dan aman seperti Baygon Liquid Elektrik.
  • Melaporkan ke pemerintah setempat jika wabah dan akan dilakukan fogging atau penyemprotan oleh dinas kesehatan.
Yuk Lawan si Nyamuk
Di jaman sekarang kita harus cermat memilih produk, yang pastinya berguna tapi tetap aman. Dari forum Mommies Daily, tempat rumpinya emak-emak yang smart saya jadi tahu rahasia melawan si nyamuk. Dan, senjata saya saat Battle with Mosquito adalah Baygon Liquid  Elektrik. Karena Baygon melindungi keluarga dari gigitan nyamuk.

Kalo dulu saya musti repot smash sana sini pake raket listrik dah macam Susi Susanti berlaga di  Piala Uber, belom lagi musti ngechas batereinya dan kalo narohnya ga tepat berbahaya bagi anak kecil. Bisa kesetrum.

Atau pake obat nyamuk bakar yang bikin sesak napas dan bekas abunya susah dibersihkan. Ya ampyun jadul banget ya masih pake obat nyamuk bakar.



Mengenal lebih dekat Baygon Liquid Elektrik 

Baygon Liquid Elektrik  memberikan perlindungan anti nyamuk dengan inovasi terbaru yang efektif mengusir dan melindungi keluarga dari nyamuk sepanjang malam.
Apa aja sih kelebihan Baygon Liquid Elektrik ?
TANPA ASAP
Baygon Liquid Elektrik dengan aromanya yang lembut bekerja tanpa menimbulkan asap yang dapat menimbulkan sesak nafas. Tidak mengganggu kesehatan pernapasan dan iritasi pada mata. Lupain deh cara kuno memakai yang bakar-bakar.
TANPA REPOT
Penggunaannya praktis, hanya tinggal menghubungkan pemanas ke kontak listirik, lampu indikator akan menyala tanda pemanas sudah bekerja. Tidak perlu repot menggonta-ganti isinya setiap hari. Ketika isi habis, cukup ganti dengan isi ulang yang baru untuk perlindungan 45 malam.
TANPA NYAMUK
Efektif mengusir nyamuk dan melindungi sepanjang malam hingga 45 malam dengan penggunaan 8 jam per hari. Melindungi ruangan sampai 30m3.

Keunggulan:
  • Pemanas Baygon Liquid Elektrik Base 25% lebih ramping, lebih rata dengan dinding. Tanpa kabel, lebih praktis digunakan.
  • Desain diffuser baru menyebarkan cairan lebih merata dan dengan formula baru Terbukti Efektif Bunuh Nyamuk Tersembunyi.
  • Dengan satu pengaturan, hanya 3 watt. Hemat listrik hingga 40%.
  • Colokan pada pemanas bisa diputar menyesuaikan kebutuhan.
Tersedia 3 Varian Isi Ulang dengan Keharuman Istimewa:
  • Reguler (Pine Scent)
  • Lavender
  • Natural Eucalyptus Scent
Cara Penggunaan:
  1. Buka tutup botol
  2. Masukkan dan putar botol ke dalam pemanas
  3. Hubungkan alat pada stop kontak listrik. Indikator akan menyala tanda alat mulai bekerja
  4. Untuk menghentikan alat, cukup lepaskan dari stop kontak
  5. Ganti isi ulang bila cairan sudah habis. Cairan dalam botol bekerja hingga 45 hari dengan pemakaian 8 jam setiap malam.
  6. Pasang botol dalam kondisi tegak untuk mencegah cairan tumpah
 Ini dia kiat menjaga rumah bebas nyamuk dengan Baygon Liquid Elektrik, silakan disimak yaa:




Sumber Referensi :

  • http://longevity.about.com/ord/lifelongenergy/tp/healthy_sleep.htm#sthash.j0sMRiqW.dpuf

  • http://websitekesehatankita.blogspot.com/2014/02/manfaat-tidur-nyenyak-pada-bayi-untuk-pertumbuhan-otak.html
  • http://baygon.mommiesdaily.com

7 comments:

  1. Wah, tipsnya lengkap banget, Mak. Keren!
    Kalau anak-anakku malah gak bisa tidur dengan lampu redup, harus terang benderang. Terutama yang masih kecil-kecil itu hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, tiap anak beda2 ya, makasih dah mampir ya

      Delete
  2. Kalo raket nyamuk belom pernah nyoba, seringnya ya obat nyamuk elektrik

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sebelum tidur olah raga dulu mak,nyemas nyamuk, hehe

      Delete
  3. Kalo ponakan aku yg penting kondisi kamar gelap gulita langsung bisa molor dan tentu Ac menyala hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu yang bikin angler, pake ac bro,.

      Delete
  4. Wah postingnya informatif sekali, mantap surantap. Lengkap sekali.
    Saya pengen tidur lebih awal, bangun lebih pagi. Makasih informasi yang sangat bermanfaat ini.
    salam

    ReplyDelete

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)

Popular Posts