Saturday, 21 February 2015

SIRION SLALOM TIME BATTLE 2015



Bagi para pecinta otomotif pasti ga asing dengan istilah SLALOM, nah daripada penasaran yuk mari kita ubrek-ubrek SIRION SLALOM 2015.


Apaan sih Slalom itu:
Slalom adalah adu kecepatan melewati lintasan yang diatur dengan menggunakan cone berwarna merah dan hijau, serta berpatokan dengan waktu. Start slalom dilakukan sendiri-sendiri. Kalo menurut saya nih, slalom tuh adu ngepot-ngepotan, dan ga sembarang orang bisa lho. Walaupun bisa nyetir, tak semua nya bisa slalom, karena slalom membutuhkan ketrampilan tersendiri, bahkan untuk kelas profesional, pesertanya harus memiliki KIS(Kartu Ijin Start/Slalom).

Launching Mobil Daihatsu New Sirion Facelift 2015


Salah satu produsen yang berani mengadakan Slalom Time Battle adalah DAIHATSU. Selaku produsen mobil terkemuka di negeri ini, DAIHATSU ikut berpartisipasi dalam kompetisi olah raga otomotif yang digandrungi kaum muda ini. City car SIRION lah yang digunakan untuk Slalom, sebagai icon mobil anak muda, Mobil Daihatsu New Sirion Facelift 2015 memang gahar dipake berslalom ria.


Garis start dan finish sirkuit slalom

Sirkuit Slalom


Sejak tahun 2013 Daihatsu telah mengadakan Daihatsu Sirion Slalom College Battle yang diikuti para pe-slalom muda dari berbagai universitas. Kemudian ditahun 2014 kembali mengadakan Daihatsu Sirion Time Battle yang diikuti mahasiswa atau pemula dan kalangan profesional. Dan ditahun ini, selain mengadakan Launching Mobil Daihatsu New Sirion Facelift 2015, Daihatsu juga menggelar Daihatsu Sirion Slalom Time Battle 2015 yang diikuti dari semua kalangan, dari mahasiswa, pemula, profesional, club ataupun umum.
Daihatsu Sirion Time Battle adalah ajang balap yang diikuti oleh kalangan :
1.       Rookie (masyarakat umum/pemula), dengan syarat berusia > 17 tahun dan memiliki SIM A
2.       Profesional yang harus memiliki KIS(kartu izin start)
Seluruh peserta akan melewati tahap kualifikasi dan final. Sesuai dengan peserta, battle ini dibagi dalam dua kelas, Rookie dan Pro.  Daihatsu menyebar undangan ke Mahasiswa, otomotif club ataupun masyarakat umum. Peserta Slalom pada sabtu kemaren cukup membludag, untuk kelas Rookie ada 100 peserta dan 30 peserta kelas Pro.


Mesin New SIRION

Saat slalom kita harus memacu mobil dalam akselerasi tinggi dan melakukan manuver yang membuat mobil “ngepot”. City car menggunakan sistem penggerak roda depan yang tidak banyak mengandalkan mesin, sehingga saat cocok untuk di gunakan adu slalom. Suspensi dan rem tangan yang pakem menjadi keharusan sebuah mobil saat digunakan slalom. Selain itu menonaktifkan anti-lock braking sistem juga agar rem belakang lebih mudah untuk mengunci

Sebelum Sirion Slalom Time Battle 2015 dimulai, para peserta harus melakukan registrasi dan selanjutnya dilaksanakan breefing dan coaching klinik. Mengingat olehraga ini tidak hanya sekedar ngepot-ngepotan, tapi membutuhkan teknik dasar agar pengemudi tetap aman :
  • U-Turn
Ini adalah gerakan berputar balik, begitu mendekati cone mobil direm dengan kencang tanpa membuatnya mengunci
  • Zig-zag
Teknik ini dilakukan dengan cara membelokkan mobil zig-zag dengan ritme dan jalur yang konstan. Kunci utama dari gerakan zig-zag adalah menentukan kecepatan paling optimal. Bila mobil dipacu dengan kecepatan terlalu tinggi, maka akan terjadi understeer yang akan menyebabkan pengemudi kehilangan banyak waktu
  • Reverse Slide
Gerakan mobil mundur dan seketika berbalik arah dan maju.
 
Para peserta sedang menghapal rute


Setelah menjalani breefing, para peserta diperbolehkan memasuki arena balap/sirkuit.  Dan selanjutnya saya melihat para peserta jalan bolak-balik di arena , dan membuat saya penasaran. Katanya mo balap, koq malah pada jalan-jalan gitu. Dan ternyata mereka sedang mempelajari rute, cone mana yang harus mereka lewati dan arah putaran saat slalom nanti.
 
New SIRION yang sedang beraksi slalom



Menyaksikan adu balap slalom membuat adrenalin saya ikut bergejolak, desingan suara knalpot beradu dengan suara ban berdecit saat Mobil Daihatsu New Sirion Facelift 2015 berlaga di arena. Ada yang beda dengan New SIRION mobil idaman anak muda ini,
Fresh Styling adanya perubahan design eksterior dan interior yang sporty dan lebih fresh.
Fun to Drive, Daihatsu memberikan tambhan fitur  kenyamanan berkendara,
More Safety, dengan adanya penambahan fitur keselamatan membuat Mobil Daihatsu New Sirion Facelift 2015 semakin aman dikendarai.



Tak hanya itu, New SIRION merupakan Mobil City Car Paling Irit Terbaik 2015 sehingga para konsumen sangat terpuaskan dengan New SIRION. BBM yang mereka gunakan dalam pemakaian sehari-hari bisa lebih hemat.  Apalagi, pecinta New SIRION kebanyakan adalah sahabat muda, tak heran jika New SIRION adalah icon Mobil Anak Muda Paling Irit Terbaik 2015.

Dan, waktu yang kami tunggu dateng juga, yaitu Taxi Ride, para blogger diberi kesempatan untuk slalom bareng pembalap pro. Wuaaaaa, ga nolak donk, boleh kan emak gaul ngerasain ngepot bareng Mobil Anak Muda Paling Irit Terbaik 2015. Mas Dika CH yang menemani saya berslalom ria. Saya ga meragukan kemampuan pembalap pro ini. Ayoooo...tancap bro!

 

Finally, saya merasa jadi tambah muda setelah berslalom menggunakan  Mobil Daihatsu New Sirion Facelift 2015, apalagi bareng sahabat blogger yang rela jauh datang dari daerah mereka. Daihatsu selalu berusaha menjadi sahabat keluarga Indonesia, dan Mobil Daihatsu New Sirion Facelift 2015 adalah sahabat muda.

2 comments:

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)

Popular Posts