Kompasiana Nangkring bersama Bank Indonesia


Para narasumber yang semua wanita, hidup wanitaa!!

Yeey, si duo anak lanang dan si Bapak dah nglipus, saatnya ketak-ketik. Wokkey permirsah, kali ini saya mau berbagi cerita tentang acara yang saya ikuti tadi siang. Acara apa tuhhh? Yess, Kompasiana Nangkring special bersama BI. Ngikut acaranya perlu daftar jauh-jauh hari 'bo, terbatas sich cuma kompasioner yang terverifikasi yang boleh gabung di acara ini. Sebelumnya juga sudah digelar acara serupa di Medan dan Balikpapan. Jogja menjadi kota terakhir yang menjadi tuan rumah acara yang diprakarsai oleh KOMPAS dan BI.

Sebenarnya keluar rumah di weekend day without duo anak lanang berat di hati, tapi mengingat saya sebagai kompasioner, walopun jarang posting *benerin kacamata* wajib hukumnya datang, lagian acara ini belum tentu setahun sekali diadakan. Setelah pamit sama si Mbarep Mas Nathan dan dibolehin Ibunya "kerja" langsung dech tancap gas, tapi sebelumnya bayar pajek dulu nganter si Mas ke Indomaret, ok dech daripada ga diijinin pergi.

Nangkring bareng Kompasiana diadakan di BI cabang Jogja, gedungnya "heritage" banget, dan jujur walau sudah lama tinggal di Jogja baru sekali ini saya masuk ke gedung BI. Sesampai di lokasi ternyata sudah rame dan para peserta sedang menikmati snack yang sudah disiapkan. Karena sudah sarapan saya langsung masuk ke ruangan tanpa melirik kudapan2 itu *inget perut yang membuncit...ups out of topic yaa* dan langsung celingak celinguk nyariin emak-emak dari KEB yang juga ikut acara ini. Dan akhirnya ketemu amak Mak Ririe, Mak Kurnia, Mak Arifah, Mak Irul dan Mak Diba.

Acara ini dipandu seorang MC cantik nan mungil bernama Echa, dan selanjutnya diisi opening dari Pak Pieter dari BI. Beliau memaparkan sekilas tentang BI dan SSK serta adanya lomba blog yang berhadiah emas batangan, weleh-weleh saya tahunya Mas Bambang yang ga cuma bergram-gram tapi berpuluh kilo#uhukuhuk...

Kemudian acara pokok yaitu pembahasan tentang SSK(Stabilitas Sistem Keuangan) dimulai dan dipandu oleh Bapak Iskandar dari Kompasiana. Narasumber didatangkan langsung dari planet Pluto, ya karena semua pembicara nya wanita dan mereka pakar di bidangnya. Ada Ibu Ita Rulina, Ibu Francine, dan Ibu Evi dari BI serta satu wartawan ekonomi dari KOMPAS.

Temanya yang berat bikin perut mules dan kepala pening*ahay* dan banyak economic vocabulary yang saya ga donk, ada macroprudential, LTV, Clearing dan laen-laen. Dan berhubung background saya bukan dari ekonomi saya agak tertatih-tatih  mengikuti sesi ini. Tapi, setidaknya penjelasan dari BI tentang Uang, perbankkan, kebijakan-kebijakan, membuat saya melek ekonomi, jadi tahu pentingnya peran BI dalam pengaturan perekonomian di negara kita.


OK Next ganti slide.....
Waktunya makan....meski mundur sejam dari waktu yang dijadwalkan tidak mengurangi niatan kami, khususnya saya untuk makan siang gratisan*lap mulut*, tapi sebelum makanmemakan, ada panggilan ke belakang dulu dan ngantri bingit saudara2, gedung segede gitu toiletnya cuma dua, satua buat cowok dan satunya lagi buat cewek. Dan terpaksa ngantri bareng kompasioner lain. Menu yang disiapkan cukup beragam, dari nasi ples sayur dan lauk ada siomay, bakso, dan iga paprika.  Dan yang menggoda saya cuma iga paprika ples es dawet, yang lain ogah.

Setelah kenyang, lanjut ke sesi berikutnya yaitu stand up comedy oleh Ilham yang kata dia hitam, dan kayaknya sich juga gitu :P, tapi lawakan dia cukup menghibur dan bikin mata melek karena ngantuk dan kekenyangan. Tapi sayang doorprizenya koq cuma dikit*digetok admin kompasiana* karena yang datang banyak mahasiswa yang masih seger-seger kami emak-emak kayaknya kalah cepet dech sigapnya dibanding yang muda-muda paas sesi memperebutkan voucer belanja. Ya maklum dah berumur,,hohohoho..

Tak lupa Kompasiana juga mentransferkan ilmunya tentang "perblogan" dan mau tahu materinya, next posting ya....

Bapak Ronal yang batiknya OK punya

Bapak Heru, wartawan Kompas yang super kocak
Manfaat lain dari acara ini adalah bisa kopdar bareng temen blogger lain, khususnya para emak KEB di  Yogyakarta. Dan yang paling menarik nih, ada lomba Blog yang berhadiah emas batangan 25 gram,,,wooow banget kan, caranya gampang, tinggal menuliskan tentang bagaimana Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan di blog kamu, info lebih lengkapnya silakan buka KOMPASIANA....

Jangan lupa ikutan yaaaaa,,,,,






Komentar