Wednesday, 15 October 2014

[MACAU] One Stop Traveling in MACAU

Ngomongin tentang wisata, seolah takkan pernah ada habisnya. Karena banyak sekali tempat di pelosok dunia ini yang bisa kita kunjungi.  Dan bagi saya traveling atau pun berwisata adalah salah satu cara untuk mengenali suatu tempat,banyak tempat di dunia ini yang bisa kita jelajahi, kita nikmati keindahannya. Kita telusuri keunikaannya, bernostalgia dengan masa lampau dengan menyaksikan bangunan tuanya. Bersilaturahmi dengan masyarakat lokal atau bersiap memacu adrenalin dengan wisata petualang.

 "Pergilah, keluarlah dari rumahmu dan kelilingilah dunia, maka kamu akan tahu dunia"     

Dan saat saya mendapat kesempatan untuk berwisata ke luar negeri, negara mana yang akan saya sambangi?Jawabannya adalah MACAU. Dan saat VIVA.co.id juga bertanya WHY MACAU? Karena Macau merupakan salah satu pusat dunia pariwisata yang sangat komplit. Perpaduan budaya antara Tiongkok dan Portugis menghasilkan peninggalan budaaya yang sangat unik. Ibaratnya cabe nich, Macau tuh cabe rawit, kecil tapi berisi, biarpun luas daerahnya cuma 29,5 km persegi tapi Macau mempunyai banyak pilihan wisata yang sangat menarik. Sebut saja wisata budaya, wisata alam, wisata sejarah, wisata religi,wisata sport, atraksi dan pertunjukan dan tak lupa tentunya wisata kuliner.  Bahkan sejak  tahun 2005, Pusat Sejarah Macau yang tertulis di Daftar Warisan Dunia UNESCO sebagai hasil dari lanskap yang unik sejarah dan budaya. Macau saat ini memposisikan diri sebagai Pusat Dunia Pariwisata dan Kenyamanan karena berkembang menjadi tujuan wisata bertaraf internasional. 

Di mana sich MACAU itu?
Macau - terletak di tepi barat Sungai Pearl Delta di selatan Provinsi Guangdong, Cina – bersebelahan dengan kota Daratan Zhuhai dan sekitar 60 kilometer di sebelah timur Hong Kong. Macau terdiri dari Macau Peninsula, Taipa dan kepulauan Coloane. Macau Peninsula adalah pusat dari wilayah tersebut dan terhubung ke Pulau Taipa oleh tiga jembatan jalan. Beberapa resort hotel besar internasional - dengan infrastruktur pendukung baru - yang terletak di tanah reklamasi antara Taipa dan Coloane di distrik baru yang dikenal sebagai Cotai.

Peta MACAU credit

Sejarah MACAU
Bangsa Portugis tiba dan menetap di Macau pada pertengahan abad ke-16. Dengan demikian, arsitektur kota, seni, agama, tradisi, makanan dan masyarakat mencerminkan integrasi budaya Cina, Barat dan Portugis. Macau menjadi Daerah Administratif Khusus Republik Rakyat Tiongkok pada tanggal 20 Desember 1999 dan menjadi wilayah otonomi tinggi di bawah prinsip 'Satu negara, dua sistem ". SAR kecil tumbuh seiring perkembangan bangunan di tanah reklamasi, dan dalam jumlah dan keragaman atraksinya.

ONE STOP TRAVELLING IN MACAU
Yes, dengan hanya berkunjung di satu tempat kita bisa menikmati aneka ragam wisata. Dan hanya di MACAU lah kita bisa "One stop travelling", ga perlu dech ke lain tempat. Di MACAU tempat wisatanya komplit plit sekomplit bakso pangsit yang maknyusss...

Nah, penasaran apa aja sich yang ada di MACAU, yuuuk kita cek:
1. Menikmati romantisme dan klasiknya Eropa di Asia Timur

Pengen ke Eropa tapi budget tidak mendukung? Ga usah bingung ya, dateng aja ke Macau.
Kita tak perlu jauh-jauh untuk menikmati nuansa romantis dan klasiknya bumi Eropa. Cukup datang ke Asia Timur, tepatnya MACAU.  Di Macau terdapat sebuah hotel yang merupakan kompleks hotel terbesar di dunia yaitu Venetian Hotel &Resort. Hotel ini didesign menyerupai kota Venice di Italia, terdapat tower yang menjadi ciri khas, kanal serta gondola, dan di kanan kiri kanal buatan ini terdapat ratusan toko yang menjual barang layaknya sebuah mall. Bahwa nama-nama tempat juga dinamakan layaknya di Venice.

Di Grand Canal District kita bisa naik gondola menyusuri kanal buatan tersebut. Bahkan gondolier yang bertugas mengemudikan Gondola juga diimport dari Eropa, bukan penduduk lokal sehingga suasananya semakin mirip  dengan gondola di Venice.

Gondola di Venetian Hotel & Resort   credit
Cantiknya senja di Macau  credit

2. Menjelajahi Warisan Budaya Dunia
Macau memiliki lebih dari 20 monumen kuno dan alun-alun perkotaan yang berada di jantung kota, distrik bersejarah ini secara umum dikenal sebagai "Pusat Sejarah Macau" dan terdaftar di Daftar Warisan Dunia  UNESCO pada tahun 2005. Bangunan-bangunan ini merupakan  perpaduan dan koeksistensi budaya timur dan barat melewati satu bab yang unik dalam sejarah. Menjelajahi  tempat-tempat ini akan menambah wawasan kita dan bernostalgia dengan masa lampau.

Mandarin House
Kuil Kuan Tai
                                                     
Perpustakaan Sir Robert Ho Tung


                             Morrish Barrack

3. Melihat Grand Prix
Grand prix Macau adalah balapan motor dan mobil yang dilakukan di sirkuit Guia. Dengan panjang sirkuit 6.120km kegiatan ini menjadi tontonan menarik untuk wisatawan. Berawal pada tahun 1954, kegiatan ini akan diadakan pada bulan November di setiap tahunnya. Bahkan di Macau terdapat pula museum grand pix yang terletak di area pusat kegiatan pariwisata Macau. Kita bisa mengunjungi museum  untuk melihat-lihat koleksi yang ada di dalamnya secara gratis, wow bukan.

Photo: Bagi pecinta otomotif, jangan lupa pesan tiket ke Macau dan jangan ketinggalan untuk menonton Macau Grand Prix tanggal 13-16 November 2014! #macau
Seandainya bisa menyaksikan ini,,,,
4. Mencoba tantangan Bungee Jumping atau Sky Jumping di Puncak MACAU Tower.
Ada tiga wahana yang bisa kita coba di Macau Tower. Bungee Jumping, Sky Jumping atau Panjat Tiang 100m. Sudah lama saya bermimpi untuk bungge jumping, sayang di Indonesia fasilitas tersebut baru ada di Bali, dan sampai sekarang mimpi itu belum terwujud. Nah di MACAU ada yang lebih ekstrim, kita bisa melompat dari Macau Tower yang tingginya bikin perut mules. Macau tower merupakan salah satu menara tertinggi di dunia, dengan ketinggian 338 m. Dari sini kita bisa melihat keseluruhan kota MACAU. Yang phobia ketinggian jangan nyoba dech, daripada pingsan. Tapi bagi saya yang suka tantangan, jika kesampaian pergi ke MACAU pasti nyobain sensasi bungee jumping.


Keseluruhan wahana ini pastinya safety digunakan karena dilengkapi pengaman yang sudah tersertifikasi. Ohya, lantai yang digunakan terbuat dari kaca tebal, sehingga kita bisa menyaksikan langsung keindahan Kota Macau.

Macau Tower yang menjulang tinggi
Lompaaatttttttt    credit
Berani manjat tiang yang tinggi?  credit
5. Mengunjungi Gereja-Gereja Bersejarah
Rasanya tak afdol jika saya sebagai Kristiani tidak mengunjungi gereja-gereja di MACAU. Portugis tiba di Macau lebih dari empat setengah abad yang lalu, mereka membawa agama Katolik dan membangun banyak gereja dan biara. Gereja-gereja Katolik yang megah dapat ditemukan di mana-mana.


Kapel St Michael
The Ruins of St Fuil

Gereja St Dominic
6. Melihat Atraksi Hiburan yang WOW 
Kota MACAU emang TeopeBGT alias TOP banget, kota ini mempunyai berbagai atraksi dan pertunjukan yang sangat menghibur dan tentunya di tempat lain  belum tentu ada.   


  • The House of Dancing Water 
Merupakan salah satu pertunjukan yang cukup baru di Macau. Pada pertunjukan ini kita akan disajikan sebuah kisah cinta yang dipertunjukan di dalam sebuah panggung yang diisi oleh air sungguhan. Volume air ini setara dengan volume air lima kali ukuran kolam renang olimpiade. Didukung dengan pencahayaan yang indah serta kostum yang menawan, pertunjukan ini akan membuat kita melongo karena terkagum-kagum..

inspirasi kreatif dari akar budaya Cina
Tarian yang sangat indah
Bungapun bisa bersinar
                                                                                                                                                 

  • Lights lamp, Sounds Shows (Pertunjukkan Cahaya Lampu dan Suara)
 "Lights Lamp; Sounds" diadakan setiap hari setelah matahari terbenam di MGM Grand Macau – Central Plaza, menampilkan gambar dari tema-tema khusus, efek visual yang luar biasa dan musik yang berkolaborasi
                                                                                                                                                                                  

  • Dragon's Treasure (Harta Naga) 
Hiburan di MACAU emang tak ada habisnya, kita juga bisa melihatsebuah atraksi multi-media di City of Dreams. Dengan efek visual dan suara yang menggelegar, disertai efek sensorik yang menakjubkan, Dragon's Treasure (Harta Naga) menceritakan tentang Mutiara Naga dan kekuatan misteriusnya yang dialami oleh empat Raja Naga, wow pasti kita akan terbawa dalam petualangan sensorik yang menakjubkan kedalam kerajaan magis mereka

                 
                                                                                                                                                                                                                                                                                            


  •   Melihat Panda di Macau Giant Panda Pavilion 
Siapa sich yang nggak tergoda dengan kelucuan dan imutnya Panda. Di Macau kita bisa melihat salah satu hewan langka ini. Kita bisa mengunjungi Macau Giant Panda yang terletak  di Seac Pai Van Park di Coloan. Kira-kira boleh ya ngelus-elus dan gendong si Panda disana?

                                                                                                                                                                               
Wisata Kuliner       
Jalan-jalan tanpa makan-makan serasa makan tanpa garam lho. Setelah capek berkeliling MACAU waktunya kita mencicipi kuliner khas kota ini. EHm kira-kira apa aja ya makanannya.

Kuliner khas Macau

                                                                                          



Aneka kue
Setiap kota pasti mempunyai kudapan atau kue tradisional, begitupun Macau, disana ada kue almond, gulungan telur, permen kacang, irisan daging panggang dan banyak spesialisasi lokal lainnya. Kita bisa membelinya didaerah Rua da Felicidade, Travessa do Auto Novo dekat Senado Square dan Rua do Cunha di Taipa desa.

egg tart
kue almond
Pork Chop roti
Gimana sudah puas menelanjangi MACAU melalui tulisan ini? Pastinya belum ya, saya pasti tertantang dan sangat tertarik suatu saat bisa menjejakkan kaki di kota ini. Dan WHY MACAU? Because  we can enjoyed One Stop Travelling in MACAU.





                                      http://2.bp.blogspot.com/-hV_08D8ddAk/VDw0SpdMYhI/AAAAAAAAA3k/hzeBBJwI1WY/s1600/vivalog.jpg


                                        http://1.bp.blogspot.com/-CSVuuhrEf78/VDw0UWuWDaI/AAAAAAAAA30/S7nS8HwoAfA/s1600/mgto.png
 

                                          http://4.bp.blogspot.com/-KFOGMnulLZw/VDw0Tcf45GI/AAAAAAAAA3s/ODzKDzujzvY/s1600/mgtotwii.jpg
                    

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sumber referensi dan gambar :
http://thehouseofdancingwater.com
http://id.macautourism.gov.mo/
Http://okezone.com/
http://javamilk.com/panduan-jalan-hemat-ke-hong-kong-macau/macau-day-7/

No comments:

Post a Comment

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)

Popular Posts