Monday, 22 September 2014

Balai Benih Ikan Sanden

Beberapa hari ini saya mendapat tugas Monitoring dan Pengendalian Pembangunan yang dilelangkan di daerah Bantul. Tugas ini bertujuan untuk mengecek kemajuan pembangunan dan kualitas bangunan yang di kerjakan oleh pemenang Lelang.

Saya bersama tim mengunjungi satu persatu lokasi yang ada dalam daftar kami, di hari pertama, Kamis 18 September saya ke lokasi di Kecamatan Sanden dan Kretek. BBI (Balai Benih Ikan) Sanden yang menjadi lokasi pertama yang saya datangi.

Sebelumnya saya akan sedikit menjelaskan apa itu BBI dan tugas fungsinya.
  • Tugas Pokok
Melaksanakan kegiatan pengelolaan benih ikan dan melaksanakan pembinaan terhadap kelompok pembudidaya ikan di daerah binaan, berkoordinasi dengan Bidang Perikanan Budidaya dan secara struktural bertanggung jawablangsung kepada Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul.
  • Fungsi
  1. Sebagai sarana untuk memproduksi benih ikan unggul, bermutu, pemasaran, sanitasi dan teknologi budidaya air tawar.
  2. Sebagai sarana untuk mendapatkan informasi teknologi perbenihan
  3. Sebagai sumber PAD  dari sektor Perikanan
  4. Pelaksanaan urusan tata usaha dan rumah tangga
Saya yang baru sekali itu datang di BBI jadi sibuk sendiri ngliat-liat kolam ikan. Dan tentunya jeprat-jepret ngambil gambarnya. Hehe..sampai kelupaan foto proyek ga saya foto, tapi tenang sudah ada teman saya dengan camdinya yang mengabadikan gambar proyek itu. Ohya di tempat itu sedang ada pembangunan kolam-kolam, ada beberapa penambahan kolam ikan.







Pasti kalian penasaran dengan gambar terakhir, kenapa ada gentong tanah di kolam ikan? Buat apa?
Saya juga bertanya-tanya untuk apa barang tersebut, saya kira pot untuk tanaman , eh setelah saya tanyakan ternyata gentong itu digunakan untuk "angrem" ikan Guramih. Sebelum ikan bertelur dia bakalan ngumpet didalam gentong itu. Didalam gentong diberi ijuk dan tali selanjutnya dimasukkan dalam kolam saat ikan musim bertelur.

Ternyata tugas lapangan itu tak hanya panas dan cape, banyak pengetahuan yang kita dapet dan tentunya penghilang rasa bosan, setelah tiap hari bergumul dengan PC dan tumpukan proposal.

Nah, bagaimana pekerjaan sobat Aprint, apapun kesibukan kalian Sukses ya.....

1 comment:

  1. terimakasih bos tentang infonya dan semoga bermanfaat

    ReplyDelete

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)

Popular Posts