Tuesday, 20 May 2014

Eclair, Pagi terakhir di Rusia

Setelah lama ga pinjem buku di perpustakaan daerah karena telat mbalikin ...:D akhirnya masa hukuman selesai dan bisa minjem lagi. Uhuiii......nemuin buku bersampul hijau yang apik.
Buku ini menceritakan tentang 5 sahabat.
1. Katya (Ekaterina Katya Fyodorovna) yang cantik dan berintuisi tajam, dia gadis yang baik hati dan cerdas.
2. Stephany ( Stephanich Snegov) yang sangat suka memasak terutama membuat eclair, dia seorang laki-laki yang hangat.
3. Sergei (Sergei Valentinich Snegov) adalah kakak dari Step, dia seorang bisnisman yang sukses. Dia dianggap sebagai kakak tertua diantara kelima sahabat itu , karena dia paling bijak dan slalu setia mendengarkan keluh kesah mereka.
4. Kay (Kay Olivier) seorang fotografer yang sangat menyukai alam dan warna jingga saat matahari terbenam. Bagi dia hal itu adalah hal tercantik selain istrinya.
5. Lhiver (Lhiver Sarte Olivier) dia seorang sastrawan dan termuda diantara mereka.
Membaca buku ini serasa tersedot ke belahan dunia yang lain, tepatnya Rusia. Menjadi orang ke 6 diantara Katya,Sthep,Sergei,Kay dan Lhiver. Ikut merasakan emosi saat mereka tertawa, bahagia, konflik atau pun kehilangan. Dan berhasil membuat saya nangis bombay , tidak hanya saat sedih , saat bahagiapun ikut menangis terharu...*tisuu..mana tisuuuuu*  Persahabatan mereka memang seperti Eclair,  kue coklat yang rasanya kriuk diluar tapi coklatnya leleh di mulut.
"Coklat Eclair yang meleleh sehangat persahabatan diantara mereka"
Berawal dari pertemuan antara Sergeri dan Step saat berusia 16 tahun dengan keluarga Lhiver dan Kay saat bertamasya di sebuah taman di Rusia. Sergeri membagikan coklate eclair kepada Lhiver dan Kay. Dan sejak saat itulah mereka bersahabat sampai mereka dewasa. Persahabatan mereka tak terputus walaupun Lhiver dan Kay harus pindah ke Paris, mereka masih saling berkunjung.
Hingga pada saatnya persahabatan diantara mereka retak  karena kesalahpahaman. Ada sebuah tragedi yang menewaskan ayah, ibu dan anak angkat Lhiver. Mereka semua terbakar saat Sthep berkunjung ke Paris. Terbakarnya orangtua Lhiver dan Kay, serta Aoife, anak angkat Lhiver, menjadi awal mula pecahnya persahabatan di antara mereka. Lhiver merasa ini semua karena kesalahan teman-temannya. Kemudia Kay memutuskan pergi berpindah-pindah negara dan Lhiver pergi tanpa kabar ke Surabaya, Indonesia, tinggal Sergei dan Katya yang terus setia menemani Step yang akibat kebakaran tersebut menjadi terpuruk karena merasa ikut berdosa, hingga membuat penyakit yang dipendamnya semakin menggerogoti tubuhnya. Semakin parahnya penyakit Step membuat Katya memutuskan untuk ‘menjemput’ Kay dan Lhiver.
Cerita ini menggunakan alur/plot maju dari dua minggu, sepuluh hari, lima hari atau dua hari sebelum pernikahan Katya dan Sergei, lengkap dengan lokasi tempat kota berlangsungnya adegan. Berawal dari niat Katya untuk mengumpulkan mereka berlima pada saat pernikahan mereka.
Obyek tempat sangat jelas dan membuat kita ikut berada ditempat itu. Di novel ini menyajikansastra dunia, terutama yang berwujud puisi dari para penyair Inggris, Rusia, Perancis, Amerika dan Indonesia. Juga mengenai musik klasik, seni lukis impresionis, dan seni kuliner bercita rasa tinggi, teristimewa ├ęclair.

 “Dan bila ada hal yang membahagiakan sekaligus menyedihkan untuk dipikirkan, itu adalah masa lalu yang indah... -Kay Olivier”
Sejauh mereka pergi, mereka tak bisa melupakan hangatnya persahabatan mereka di masa lalu, terutama hangatnya coklat eclair buatan Step.  Dan demi kesembuhan Step akhirnya mereka berkumpul kembali di Rusia. Sedikit demi sedikit Step membaik, tapi akhirnya mereka harus kehilangan Step. Diepilog terselip cerita tentang  sejarah Rusia ,terselip runtuhnya Kekaisaran Rusia zaman Tsar Nicholas II dengan  Rasputin. Katya harus menghadapi sisa-sisa pengikut Rasputin yang merasa dendam atas keterlibatan kakek Katya yang menyebabkan Rasputin dihukum. Cerita tentang tokoh Rasputin membuat saya penasaran, sampai saya googling tapi tidak bisa nemuin yang pas. Mungkin imaginasi mbak Prisca yaaa....
Cerita ini berakhir hepiii ending. Katya akhirnya bisa menikah dengan Sergei dengan didampingi para sahabat. Puas dech bacaanyaaaaa....Keren....Yang belum baca,nyesel dech....
 “...setelah kepahitan pekat ini, rasa manis pasti akan menjelang    -Prisca Primasari"
                                                    Judul: Eclair: Pagi Terakhir di Rusia
Penulis: Prisca Primasari
Penerbit: Gagasmedia
Tebal: 236 halaman
Cetakan keempat, 2012
Goodreads Rating: 3.84/5.00

No comments:

Post a Comment

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)

Popular Posts